Kata Mutiara Hari Ini

Sukses itu satu hal yang gak bisa kita dapatkan secara "Tunai".
Kita hanya bisa membayarnya dengan cara mencicil dan melakukannya setiap hari, terus menerus...

Senin, 14 Februari 2011

Jangan Bersedih Ketika Sulit Mendapat Rizky






Rasanya tidak ada orang yang mau mendapat kesulitan dalam mencari rizky, ya siapa yang mau??Di dalam doa-doa yang kita panjatkan selalu “Ya Allah mudahkan rizky saya, berilah hamba harta yang melimpah dan berkah”. Namun kondisi kesulitan mendapat rizky tidak dapat kita hindari memang itulah sunatullahnya. Disaat sulit mendapat rizky , ada yang menyikapi dengan sabar dan ada juga yang menyikapi dengan rasa gelisah dan resah tapi itu memang wajar selaku manusia ya itulah sifat manusia. 

Seandainya harta telah membutakan mata hati kita karena harta halal saja susah didapat tidak sedikit juga mereka mendapatkan rizky dengan cara-cara yang dilarang Allah, Naudzubillah. Hanya satu-satunya Dzat yang memberikan kita rizky.  Apa saja harta yang Dia tentukan untuk hambanya pasti kita mendapatkannya. 

Rizky ternyata hanya harta yang kita pakai untuk makan dan kebutuhan lainnya serta harta yang kita sedekahkan sementara harta kita yang masih ada ditabungan kita itu belum tentu rizky kita.

“Dan di langit terdapat ( sebab-sebab) rezekimu dan terdapat (pula) apa-apa yang dijanjikan kepadamu.”(Adz Dzariyat:22)

Ya, kita sadari semua jika hanya Allah lah yang hanya memberikan rezeki kepada kita Ciptaan-Nya, mengapa berharap mendapatkannya dari manusia?Dan kenapa juga kita harus merendahkan diri kita di hadapan orang lain dengan berharap mendapa makanan darinya. Saya pun sering sekali khilaf semoga tulisan ini juga bisa mengingatkan saya pribadi.
Allah berfitman

“Dan tidak ada suatu binatang melata (makhluk bernyawa) pun di bumi ini melainkan Allah lah yang memberi rezekinya”.(Hud:6)

“Apa saja yang Allah anugerahkan kepada manusia berupa rahmat, tidak ada seorang pun yang dapat menahannya. Dan apa saja yang ditahan oleh Allah, maka tidak ada seorang pun yang sanggup melepaskannya sesudah itu.”(Fathir:2)

Yang Penting Berusaha dan Tawakkal
Keimanan yang benar rizki bukan hanya dinanti-nanti. Kita bukan menunggu ketiban rizki dari langit. Tentu saja harus ada usaha dan tawakkal, yaitu bersandar pada Allah. Dari Umar bin Al Khoththob radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 “Seandainya kalian betul-betul bertawakkal pada Allah, sungguh Allah akan memberikan kalian rizki sebagaimana burung mendapatkan rizki. Burung tersebut pergi pada pagi hari dalam keadaan lapar dan kembali sore harinya dalam keadaan kenyang.”

Yap, Jangan Bersedih,keep semangat.

Wallahu’alam



Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Hanya memberi komentar yang bernilai positif

Komentar yang bernilai negatif akan langsung dihapus

Terimakasih telah memberi komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...