Kata Mutiara Hari Ini

Sukses itu satu hal yang gak bisa kita dapatkan secara "Tunai".
Kita hanya bisa membayarnya dengan cara mencicil dan melakukannya setiap hari, terus menerus...

Kamis, 07 April 2011

Menjadi TerSadar Dari sebuah Kesulitan






Kesulitan merupakan sebuah bagian dari hidup yang akan tidak pernah terpisahkan. Mau tidak mau kita pasti akan mengalami sebuah proses yang namanya kesulitan. Namun apakah kesulitan itu baik???Bagi orang-orang yang pesimis mereka beranggapan kesulitan adalah sebuah malapetaka. Berbeda dengan orang –orang yang optimis yang memandang sebuah kesulitan dari sisi yang berbeda. Mereka melihat sebuah kesulitan adalah sebuah kesempatan untuk memperbaiki diri, merubah cara apa yang mereka lakukan, momentum evaluasi. Mereka tidak berpikir apa yang kebanyakan rata-rata orang pikir tentang kesulitan. Makanya mereka jumlahnya lebih sedikit.


Dan juga Seorang mukmin tentu berbeda dalam menyikapi berbagai kesulitan hidup yang dihadapinya.Mereka memahami bahwa kesulitan atau ujian diberikan oleh Allah dalam rangka menguji hamba-Nya. Dan mereka tahu bahwa kesulitan itu dibuat untuk membedakan antara mereka yang benar-benar beriman dan mereka yang memiliki penyakit di hatinya, yaitu mereka yang tidak tulus dalam meyakini keimanan mereka. Karena itu, ujian atau kesulitan yang hadir dalam kehidupan kita akan menunjukkan siapakah kita sebenarnya.  Allah menjelaskan melalui firman-Nya, bahwa Dia akan menguji manusia untuk melihat siapakah yang benar-benar beriman.

"Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad di antaramu, dan belum nyata orang-orang yang sabar." (Ali Imran: 142)
"Allah sekali-kali tidak akan membiarkan orang-orang yang beriman dalam keadaan kamu sekarang ini, sehingga Dia menyisihkan yang buruk (munafik) dari yang baik (mukmin)...."(al-Baqarah: 179)


Orang-orang besar diciptakan dari keadaan yang memprihatikankan awalnya. Mereka bukan berasal dari sebuah keadaan yang bergelimangan harta. Kesulitan mendidik mereka untuk tangguh dalam mengarungi kehidupan karena mental mereka selalu diasah dengan itu. Begitu pun saya ,harus menyadari bahwa kesulitan bukan berati adzab kalau kita berada dalam jalan yang benar bisa jadi itu bukti kasih sayang Allah kepada saya. 


Saya harus sabar ,sabar,sabar menjalani semua proses ini dengan penuh kesabaran dan rasa syukur. Kesulitan terjadi hanya sebentar dibanding dengan kemudahan yang saya alami.Seperti halnya ulangan disekolah mungkin Cuma beberapa hari. Mungkin ini juga sebagai penggugur dosa-dosa saya. Saya harus senantiasa menguatkan keyakinan bahwa apapun yang terjadi dalam kehidupan ini adalah yang terbaik. Lalu bagaimana sikap sahabat ketika ditimpa kesulitan ??





Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Hanya memberi komentar yang bernilai positif

Komentar yang bernilai negatif akan langsung dihapus

Terimakasih telah memberi komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...